Hasil Final Fifa Futsal World Cup - Spanyol vs Brazil

http://benmuha27.blogspot.com/2012/11/hasil-final-fifa-futsal-world-cup.html
Hasil Final Fifa Futsal World Cup - Spanyol vs Brazil - Lewat drama perpanjangan waktu, Brasil semakin membuktikan dominasi mereka di dunia futsal saat meraih gelar kelima dari total tujuh Piala Dunia Futsal dan menjauhi pencapaian dua gelar milik Spanyol.

Kedua raksasa futsal dunia ini, yang berbagi seluruh enam gelar Piala Dunia Futsal sebelumnya, bermain hati-hati di babak pertama, apalagi dua pertemuan terakhir kedua tim, pada semi-final 2004 dan final 2008 harus diselesaikan lewat adu penalti.

Dalam final keempat antara kedua tim ini, Spanyol lebih berhasil menemukan celah di pertahanan Brasil, dengan tiga tembakan La Roja mengarah tepat ke gawang, sementara kiper Spanyol Juanjo tak harus bekerja keras menepis peluang Brasil di babak pertama.

Peluang terbaik Spanyol tercipta pada menit kelima, saat Ortiz berhasil melakukan sentuhan satu dua dengan Lozano, dan memaksa Neto melakukan penyelamatan dari garis gawang, sedangkan upaya Fernandao dalam situasi serangan balik setelah menerima lemparan kiper Juanjo berhasil diselamatkan kiper Brasil Tiago.

Kedua tim, terutama Brasil, berusaha memecah kebuntuan seusai jeda, dengan tim Samba menurunkan legenda futsal Falcao, dan langsung berbuah empat shot on goal di lima menit pertama babak kedua.

Serangan demi serangan Brasil akhirnya berbuah saat tendangan jarak jauh Neto pada menit ke-25 tak mampu dicegah Juanjo. Gol itu pun membangkitkan kedua tim, yang membuat Juanjo dan Tiago harus bekerja ekstra keras.

Selain kiper, wasit juga harus bekerja sama kerasnya dengan tiga kartu kuning, masing-masing untuk Fernandao dan kapten Kike di tim Spanyol serta Ari untuk Brasil.

Spanyol akhirnya mampu menyamakan kedudukan, saat tendangan bebas Kike dimanfaatkan Miguelin untuk melepaskan tendangan jarak jauh dan Torras berada pada posisi yang tepat untuk menyambar penyelamatan Tiago pada menit ke-30.

Satu menit kemudian, La Roja tiba-tiba unggul ketika Aicardo memanfaatkan bola yang diterimanya dari tendangan ke dalam (kick-in) dan Tiago gagal mencegah gawangnya kebobolan untuk kedua kali dalam selisih sekitar satu menit.

Spanyol hampir memastikan gelar kembali mereka rengkuh saat tendangan bebas Kike, akibat pelanggaran kiper Tiago di tepi kotak penalti yang berubah kartu kuning, dengan cerdik diarahkan ke Torras, tapi sepakannya masih membentur mistar pada menit ke-36.

Justru Brasil yang menyamakan kedudukan satu menit kemudian,  saat masuknya pemain lapangan kelima Rodrigo untuk menguasai bola, berakhir dengan tendangan keras Falcao tanpa mampu dicegah Juanjo. Skor 2-2 pun bertahan hingga akhir waktu normal.

Di babak pertama perpanjangan waktu, masing-masing berdurasi lima menit, kedua tim gagal menambah skor, meski Fernandao dan Falcao hampir menjebol gawang lawan mereka dalam selang waktu singkat, dan dua tendangan jarak jauh Miguelin saat waktu tersisa sekitar satu menit masih bisa dibendung Tiago.

Drama Piala Dunia Futsal berakhir klimaks, saat tendangan penalti Rodrigo hasil pelanggaran keenam Spanyol oleh Fernandao berhasil diselamatkan Juanjo, tapi saat pertandingan tersisa 20 detik, kiper Spanyol itu gagal menyelamatkan aksi individu Neto, dan Tiago berhasil mencegah Spanyol menyamakan kedudukan di detik terakhir sehingga Brasil pun meraih gelar kelima dan Spanyol gagal mendekati koleksi gelar musuh bebuyutan mereka itu.

sumber : goal.com

0 comments:

Post a Comment

Follow Me